unsur-unsur administrasi

menurut pendapat The liang Gie dalam bukunya aadministrasi Perkantoan modern (2009), administrasi merupakan suatu kebulatan proses penyelenggaraan kegiatan yang mengandung delapan unsur administrasi. diantaranya  adalah :

1. Pengorganisasian : rangkaian perbuatan menyusun suatu kerangka organisasi yang menjadi wadah bagi setiap kegiatan dalam usah kerja sama mencapai tujuan yang telah ditetapkan

2. manajemen : rangkaian perbuatanmenggerakkan karyawan-karyawa dan mengerahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan kerjasama yang telah ditetapkan benar-benar tercapai

3 tata hubungan ; merupakan rangkaian perbuatan menyampaikan warta dari suatu pihak kepada pihak lain dalam usaha kerjasama

4. kepegawaian : adalah rangkaian perbuatan mengatur dan mengurus paratenaga kerja yang diperluka dalam usaha kerja sama 

5. keuangan : rangkaian perbuatan mengelola segi-segi pembelanjaan dalam usaha kerja sama

6. perbekalan : rangkaian perbuatanmengadakan, mengatur pemakaian, mendaftar, memelihara, sampai menyingkirkan segenap perlengkapan yang sudah tidak diperlukan dalam usaha kerja sama

7. tata usaha : rangkaian perbuatatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim, dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam usaha kerja sama

8. perwakilan : rangkaian perbuatan menciptakan hubungan baik dan dukungan dari masyarakat sekitar terhadap usaha kerja sama yang dilakukan

Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan peralatan kantor dalam kegiaan administrasi

Bentuk-bentuk struktur organisasi

hizb thoriqoh as-sa'diyah lisayyidi alqutubi sa'duddin aljibawiy qoddasallahu sirrohu, wa yaqro'u bada sholat shubh wa ba'da sholat maghrib yaumiyyan