Penggunaan peralatan kantor dalam kegiaan administrasi

konpetensi dasar 

3.8 menerapkan penggunaan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi

4.8 menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi

pengertian perlatan kantor 

the liang gie menguraikan bahwa peralatan kantor/ office suplies adalah benda-benda yang dipakai habis dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari oleh pegawai tata  usaha/ those material consumed in the ordinary operation of the clerical forces. office equimment sendiri dapat didefinisikan sebagai segenap benda yan dipergunakan untuk memmbantu kelancaran tugas-tugas tata usaha yang terdiri atas perbanot kantir, bekal kantor, dan hiasan kantor

jenis-jenis peralatan kantor

berdasarkan bentuknya

a. peralatan kantor berbantuk lembaran

1. kertas HVS

2. kertas folio bergaris

3. kertas karbon dan kertas stensil

4. formulir

5.kertas berkop

6. kertas buffalo

7. amplop

8. map

9. plastik transparan

b. peralatan kantor berbentuk nonlembaran

1.  alat tulis kantor

2. pembuka surat

3. stempel

4. perlengkapan meja

c. peralatan kantor berbentuk buku

1. buku catatan kecil

2. buku pedoman organisasi

3. buku alamat relasi

4. kamus

5. buku telpoon

6. peta kota-kota besar

7. buku tahunan

8. buku tamu

9. buku agenda

10. buku catatan keuangan

11 buku objek parisiwata

2. berdasarkan penggunaannya

a. barang habis pakai

b. barang tidak habis pakai

3. berdasarkan jenisnya

a. mesin-mesin kantor

a. mesin-mesin kantor untuk kerperluan surat-menyurat

b mesin yang digunakan untuk mencetak

c. mesin yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh

d. mesin yang digunakan untuk menh=ghancurkan kertas

e. mesin yang digunakan untuk mendikte

f. mesin yang digunakan untuk mengetik

g. mesin yang digunakan untuk menghitung

h. audio visual aid atau alat bantu peraga

b. perabot kantor / office furnitur

1. furnitur kantor/ office furnitur

a. meja dan kursi

b. sofa dan meja untuk tamu

c. rak buku dan lemari

d. filling cabinet

e. papan tulis

f. tempat penyimpanan uang

g. tempat majalah dan koran

h. meja resepsionis

2. hiasan kantor / office arrangment

a. gambar yang digantung

b. benda seni seperti lukisan

c. vas bunga dan tanaman

d. bendera negara

e. hiasan meja

f, alat penunjuk waktu seperti jam dindibng, atau  jam meja

g. akat penerangan seperti lampu gantung, lampu meja

h, penyejuk ruangan, saeperti ac dan kipas angin

c. memilih peralatan kantor

dalam memilih peralatan kantor perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut 

1. tentukan tujuan penggunaan peralan disesuaikan dengan jenis pekerjaan

2. menganalisis peralatan yang hendak dibeli, mulai dari nama barang, tipe, spesifikasi, merek, kualitas peralatan, harga, jumlah yang dibutuhkan hingga garansi.

3. memperhatikan segi efektifitas

4. peralatankantor disesuaikan dfengan pekerjaan dan kemampuan pegawai

5. memperhatikan penempatan peralatan yang fleksibel.

ikhtisar ; 

peralatan kantor merupakan media yang digunakan dalam upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan.

kegunaan peralatan atau perlengkapan kantor antara lain untuk mendukung aktifitas pekerjaan kantor, untuk memperlancar dan mempermudah proses pelaksanaan aktifitas pekerjaan kantor.

jenis-jenis peralatan terbagi menjadi beberapa kategori, yaknu ;

a. dilihat dari bentuknya 

b. dilihat dari penggunaanya

c. mesin kantor, yakni mesin yang digunakan untuk mendukung pekerjaan kantor

d. perabot kantor yang terdiri dari furnitur


untuk memilih peralatan kantor secara tepat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan 

a. tentukan tujuan penggunaan perlatan yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan

b. menganalisis perlatan yang hendak dibeli

c. memperhatikan dari segi efektifitas

d. peralatan kantorharus disesuaikan dengan pekerjaan dan kemampuan pegawai

e. memperhatkan penempatan peralatan yang fleksibel

Comments

Popular posts from this blog

Bentuk-bentuk struktur organisasi

hizb thoriqoh as-sa'diyah lisayyidi alqutubi sa'duddin aljibawiy qoddasallahu sirrohu, wa yaqro'u bada sholat shubh wa ba'da sholat maghrib yaumiyyan